Satpam Wajib Memiliki Legalitas

08/02/2019 Published by

Gbssecurindo.co.id –  suryabogor. Sesuai Peraturan Kapolri No. 24 Tahun 2007 tentang sistem  Pengamanan ManagementPerusahaan/ Instansi pemerintahan, setiap petugas keamanan wajib memiliki sertifikasi Gada Pratama. untuk mendapatkan ijazah tersebut, sesuai dengan Peraturan Kapolri No. 18 Tahun 2006, ada tiga tingkatan jejnjang pendidikan yang harus dilalui petugas keamanan atau kerap disebut satpam.

Hal tersebut senada Direktur PT. GBS Securindo, Drs. Suamdy ” Satpam itu harus memiliki status “legal” karena itulah harus Diklat terlebih dahulu dan nantinya akan memiliki Ijazah dan KTA  minimal gada Pratama ungkapnya kepada suryabogor, kamis (07/02/2019).

sementara itu terkait Diklat Satpam, dijelaskan Acep Sudrajat (Kasubdik GBS Securindo) bahwa pelatihan Dasar Gada Pratama yang merupakan pelatihan dasar wajib bagi setiap calon anggota satpam, lama pelatihan dasar ini empat minggu dengan pola 232 jam pelajaran, materinya terdiri dari Interpersonal skill, etika profesi, tugas pokok, fungsi dan peranan satpam, kemampuan kepolisian terbatas, beladiri, pengenalan bahan peledak dan barang berharga.

PT. Garda Bangsa Securindo salah satu perusahaan BUJP ( Badan Usaha Jasa Pengamanan) telah memiliki rekomendasi Polda Jabar dan Surat Ijin Operasional (SIO) Mabes Polri untuk jasa sebagai berikut :

  1. Jasa Penyedia Tenaga Keamanan (Satpam)
  2. Jasa Pelatihan Satpam
  3. Jasa Penyedia Satwa (K9)

Yang berkantor pusat di cibinong kab. bogor jawa barat serta 3 kantor perluasan (kantor cabang) pada 3 Propinsi, di DKI Jakarta, Kepri (Batam) Sumatra Utara (Medan).

Harapan direktur GBS Securindo (Drs. Suamdy) agar seluruh satpam khsususnya yang berada diwilayah Jawa Barat berdasarkan data dari Polda Jabar dari 50 ribu anggota satpam baru sekitar 15 Ribu yang memiliki legalitas Satpam.

Oleh karenanya berdasarkan surat edaran/Himbauan dari Dirbinmas Polda Jabar No. B/8258/XII/Ops.4.3/2018/Dit Binmas, Perihal keabsahan Anggota Satuan Pengamanan, dan pada tahun 2019 ini akan rutin melakukan evaluasi/Razia Satpam ke berbagai lokasi perusahaan/Pengguna Jasa yang berada diwilayah hukum Polda Jawa Barat.

PT. Garda bangsa securindo siap jika memang diperlukan dalam urusan proses Diklat Satpam Gada Pratama, dan Pusdiklat GBS Securindo akan melaksanakan Pelatihan Dasar Satpam Gada Pratama Angkatan VI (enam) Tahun ajaran 2019 yang akan dibuka pada tanggal 25 Pebruari 2019. (lis/die/suryabogor).

Tags: